culinaryTracy Scott, General Manager Operations and Advocacy for Hospitality New Zealand, mengatakan bahwa industry hotel dan restauran mengalami kendala untuk mempekerjakan juru masak atau cook yang terlatih dan tepat. Segala bentuk keterbatasan dalam merekrut juru masak dari luar negeri akan berdampak pada industry culinary dalam memenuhi permintaan pasar atau customers.

Posisi Chef atau Juru Masak selalu ada dalam list pekerjaan yang dibutuhkan dalam jangka panjang oleh pemerintah New Zealand. Yang mana hal ini menunjukan betapa New Zealand sangat membutuhkan pekerja yang memiliki skill pada bidang masak memasak.

Scott menambahkan bahwa industry Culinary pada hakekatnya mempekerjakan orang lokal New Zealand sebagai prioritas, hanya saja untuk beberapa jenis makanan yang berasal dari etnis Negara tertentu tidak banyak juru masak lokal yang tersedia dan memenuhi kebutuhan tersebut.

Paul Rowan, pemilik dari salah satu Restaurant and Pub di Petone, telah berpengalaman selama 36 tahun berkecimpung dibidang hospitality sebagai kepala Juru Masak dan juga pemilik restaurant menyiratkan dengan nada sentiment bahwa “negara ini menghadapi kendala besar dalam mendapatkan juru masak atau chef yang berkualitas”

Akibat kekurangan tenaga ahli bidang masak pemilik bisnis tidak sanggup menjalankan roda kitchen nya dengan baik dan ini berakibat customer memperoleh kualitas masakan yang rendah.

Rowan juga mangatakan kurangnya orang lokal berporofesi Chef dikarenakan kondisi riil kerja di kitchen. Banyak anak anak muda lokal New Zealand yang tidak mau menggeluti industry ini karena gaji yang rendah bagi pemula, kondisi kerja yang keras, jam kerja tak beraturan yang berdampak pada kehidupan social mereka. “ juru masak lokal benar benar menghilang, gaji kecil, dan semakin sedikit yang bekerja dibidang ini, dan sedikit yang bertahan.

Sebagai gambaran, gaji pemula dibidang kitchen contohnya kitchen hand bagian cuci piring atau merangkap food preparation adalah sebesar NZD 15.25 per jam kotornya. Gaji tersebut lambat laun akan naik seiring dengan berubahnya jabatan. Saat seseorang menjadi Cook atau Commis gajinya dikisaran NZD 16 – 17 per jam kotornya).. Jika sudah mencapai posisi Chef De Party (CDP), gaji yang didapat bisa mencapai NZD 18.50 – 22 per jam kotornya (kotor artinya sebelum dipotong pajak).

Anda berminat kuliah di New Zeland bidang Culinary?

Hubungi kami di WA or SMS 081320983344 atau email info@brighteduc.com