newzealandnow.govt.nz

newzealandnow.govt.nzTourism Industry Association (TIA) di laporan akhirnya mengenai PEOPLE and SKILLS 2015, memperkirakan bahwa dalam sepuluh tahun kedepan Industry ini akan memerlukan rekrutmen setidaknya 47,000 staff. Ini sudah termasuk 8500 Manager Akomodasi (termasuk didalamnya hotel, motel, service apartment, holiday houses) 6200 Chef, 4900 waiters, dan 1860 barista (coffe maker).

Sudah terjadi kekurangan tenaga kerja bidang hospitality secara kritis khususnya pada musim liburan (peak season) dibeberapa daerah kota tujuan wisata, dan report mengatakan ini berpengaruh secara luas pada tingkatan pelayanan.

Kekosongan staff  acapkali disi oleh para pendatang yang berkunjung ke New Zealand dengan menggunakan visa temporer (biasanya berupa Working Holiday Visa), hal ini terjadi karena ketidak tersediaannya staff lokal dan kekurangannya skill di sektor ini.

Tahun lalu tenaga kerja migrant temporer mencapai 30% dari total rekrutmen sektor Hospitality (akomodasi dan food beverage). Jauh jika dibandingkan pada tahun 2001 dimana hanya kurang dari 10% saja.

Meski Indstri Perhotelan setuju dengan banyaknya tenaga migrant temporer mengisi sektor ini, mereka juga teteap berkeinginan untuk merekrut dan mempertahankan staff lokal.

Pada kenyataannya memng sangat jarang staff lokal yang bekerja di Industri ini. Simak kisah turis yang berucap: “ kami melakukan perjalanan liburan ke New Zealand, dan hanya berjumpa staff hotel asli New Zealand seorang, padahal kami telah 5 hari di sini”

(Sumber: David Walker, Stuff.co.nz)

Tertarik kuliah dan berkecimpung di Industry yang menjanjikan untuk masa depan?

Hubungi kami di WA or SMS 081320983344 atau email info@brighteduc.com